Senin, 08 Juni 2009

Peserta UMB-SPMB USU 2009 Meningkat

Pendaftaran calon peserta Ujian Masuk Bersama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (UMB SPMB) Universitas Sumatera Utara (USU) Tahun Akademik (TA) 2009/2010 berakhir Kamis (28/5). Dibandingkan tahun lalu, jumlah peserta untuk tahun ini meningkat lebih dari 1.000 peserta.

Penanggung Jawab Informasi UMB SPMB USU, Bisru Hafi SSos MSi,menyebutkan, jumlah pendaftar hingga Kamis siang kemarin tercatat 28.543 orang. Rinciannya, untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 12.571 orang, kelompok sosial (IPS) 7.896 orang, dan kelompok campuran (IPC) 8.076 orang.

"Dari jumlah tersebut, pendaftar yang sudah melakukan registrasi online sebanyak 28.062 orang. Perinciannya: untuk kelompok IPA 12.375 orang, kelompok IPS 7.733 orang, dan kelompok IPC 7.954 orang," tambahnya.

Pada pelaksanaan UMB SPMB USU TA 2008/2009, jumlah peserta tercatat 27.436 orang. Saat masih menerapkan pola penjualan formulir itu, peserta untuk kelompok IPA sebanyak 11.084 orang, kelompok IPS 8.196 orang, dan kelompok IPC 8.156 orang. Merujuk kepada kedua data tersebut, peningkatan paling besar terjadi untuk kelompok IPA, yakni mencapai lebih dari 1.200 orang. Sedangkan untuk dua kelompok lainnya, justru mengalami penurunan.

Antre Layanan Jasa

Calon pendaftar masih memadati kantor Panitia Lokal (PL) UMB SPMB USU. Mereka terlihat berkerumun di depan ruangan jasa pelayanan registrasi online yang letaknya bersebelahan dengan kantor PL UMB SPMB USU.

Puluhan calon peserta mengantre untuk meminta jasa layanan pendaftaran tersebut. Jasa layanan ini sendiri menyediakan layanan pendaftaran dan pengunggahan (upload) foto hingga pencetakan kartu ujian.

Menurut Bisru Hafi, kebanyakan calon pendaftar yang memanfaatkan jasa layanan ini adalah calon peserta dari luar daerah yang tidak memiliki atau tidak paham mengakses internet. Sedangkan calon peserta dari Medan umumnya tidak memanfaatkan jasa tersebut. "Kalau calon dari Kota Medan sendiri, umumnya tidak masalah dalam melakukan registrasi on-line," sebutnya.

Di bagian lain, Penanggung Jawab Informasi ini tidak berani memastikan apakah registrasi on-line, termasuk dengan memanfaatkan jasa layanan tersebut, otomatis berakhir dengan ditutupnya masa pendaftaran. Namun, sepengetahuannya melalui situs internet, Panitia Pusat UMB SPMB memberi kesempatan pendaftaran on-line ini hingga 1 Juni 2009. "Berdasarkan informasi yang disajikan di situs UMB SPMB, panitia pusat menyatakan pendaftaran on-line ini hingga 1 Juni," katanya.

Ujian tulis UMB SPMB yang diikuti tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia menurut rencana dilangsungkan pada 6-7 Juni 2009. Khusus USU, ujian dilangsungkan di dalam dan luar universitas ini.

dikutip dari http://www.usu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;