Rabu, 08 Agustus 2012

IMSS 2012: Kita Tidak Sendiri Kawan


Assalamu'alaikum sahabat :)
IMSS 2012 atau yang lebih dikenal dengan FSLDKN XVI dengan tema "Youth. Leadership. Better world.", merupakan ajang dua tahunan sebagai wadah untuk silaturrahim pemuda muslim bukan hanya di Indonesia tetapi sedunia. Ya, kali ini ITB terpilih mengemban amanah menjadi tuan rumah perhelatan akbar yang diadakan pada tgl. 15 - 18 Juli 2012.

Kami bersama Akh Wiharsa (LO)

Atas dasar acara tersebutlah, maka 5 orang pemuda -Eko, Hafizh, Reza, Fikri dan Bang Muhardiansyah- dari tanah pase mengayunkan langkah dan menapakkan kaki di bumi Pasundan pada pagi hari tgl. 14 Juli 2012.
Puskomda Aceh

Hari pertama, pembukaan IMSS 2012 di gedung Sasana Budaya Ganesha -Sabuga- ITB sungguh sangat meriah, sebelum acara dimulai peserta dipersilahkan duduk mengisi bangku disisi kanan dan kiri tribun. Pada layar depan ditampilkan twit-twit dari twitter yang mengomentari acara IMSS 2012 (@imss_2012) dengan menggunakan aplikasi visible tweets, sehingga ada peserta yang senyam-senyum ketika tweet-nya tampil di layar. Saya pikir ini bisa dibawa pulang ke Aceh, jadi bila ada acara, peserta ada hiburan sambil menunggu persiapan acara.

Gema takbir pun membahana, tak tanggung-tanggung ada sekitar 1.700 lebih peserta yang mengikuti acara ini. Gema takbir bersahutan dari sudut ikhwan/putra, mau pun dari sudut akhwat/putri. Bergetar Sabuga, bergetar juga hati ini. Allahu akbar !!!.

Prof. Akhmaloka, Rektor ITB
 Akhirnya dengan mengucap basmalah, Prof. Akhmaloka, Rektor ITB membuka acara ini. Maka dimulailah perjalanan ukhuwah antara satu universitas dengan universitas lain, satu suku dengan suku lain, satu negara dengan negara lain dalam satu payung kalimat Lailahaillallah Muhammad Arrusulullah.

Hari kedua dan ketiga, dilanjutkan dengan seminar IYIL (Indonesian Young Islamic Leader) oleh Bapak Dahlan Iskan, Menteri BUMN, dan Ibu Tri Mumpuni, pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (Ibeka) serta IYIL Awards merupakan ajang penganugerahan kepada pemuda muslim Indonesia yang inovatif dan produktif. Satu nominator yang sungguh mengesankan buat saya adalah, beliau berasal dari Univ. Andalas Padang yang dahulunya Muallaf, tetapi sekarang menjadi prajurit Allah swt dalam menegakkan panji Islam bersama kita.
Akh Hafizh bersama logo IMSS 2012

Lalu, dilanjutkan dengan Islamic fair yang diisi oleh bedah buku dari penulis ternama seperti Ust. Salim A. Fillah, Ust. Habiburrahman El-Shirazy, Bunda Helvy Tiana Rosa, Ust. Abu Syauqi, dll; sekolah LDK, yang membahas materi ke-LDK-an; sidang komisi FSLDK; dan International conference (IC) yang dihadiri sahabat dari 7 negara; Malaysia, Bangladesh, Filipina, Taiwan, Senegal, Mesir, dan Myanmar. IC ini membahas tentang bagaimana menghapuskan Islamophobia yang tengah melanda dunia, pada akhirnya IC mengeluarkan piagam yang menyatakan bahwa pemuda muslim seluruh dunia menolak tegas akan islamophobia di dunia ini.

Pembacaan piagam IC

Dalam perjalanan dari asrama menuju ITB

Malam keakraban warga wisma PU


Malam harinya, karena penginapan peserta IMSS 2012 dibagi ke beberapa tempat, salah satunya adalah Wisma PU di Jalan Riau/RE. Martadinata. Kami bersama peserta yang lain menginap di tempat ini. Saling silaturrahim sesama warga PU, begitu kami memanggilnya, bertukar informasi dan ide dari masing-masing LDK. Begitu dekat rasanya, ternyata kita tidak sendiri kawan. Ada saudara-saudara kita di seluruh penjuru negeri yang sama-sama berjuang di bawah panji Allah swt ini. Semangatlah!!!

5 Pemuda, 1 Bendera

Foto bersama ADK se-Nusantara


Hari ke-empat, diadakan penganugerahan Indonesian Young Muslim Creation (IYMC), diberikan kepada pemuda muslim yang sukses dalam 3 kategori yaitu pengembangan inovasi -Jelly anti-ngantuk (Gelicaf), Pemberdayaan Masyarakat -Agroforestry, dan kewirausaahan -Usaha mainan anak, deep teens. Masing-masing kategori merupakan inovator dibidangnya.

Aksi solidaritas Palestina di Monumen Perjuangan - Bandung


Akhwat tangguh pembawa bendera Palestina


Beragam warna, satu cita-cita

Setelah itu, panji-panji LDK seluruh Indonesia pun mengudara, barisan ikhwan dan akhwat pun mengular, pekikan takbir pun membahana, bergetar bumi Ganesha, bergetar bumi Pasundan. Ya, aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Palestina diadakan di Monumen Perjuangan Bandung. Bendera Palestina besar diarak sepanjang jalan dari ITB ke Monumen Perjuangan. Aksi solidaritas yang menyatakan, "Kaum muslimin mengutuk perbuatan zionis Israel yang menindas saudara muslim di Palestina".


Akh Fikri berorasi untuk Palestina


Tausiah dari Bapak Heryawan, Gubernur Jawa Barat


Akhirnya, ada pertemuan tentu ada perpisahan. Begitu pula IMSS 2012, ditutup dengan tausiah semangat oleh Gubernur Jawa Barat, Bapak Heryawan serta pelepasan balon udara berwarna hijau, merah, putih, dan hitam yang merupakan warna dasar dari bendera Palestina; serta do'a rabithah yang syahdu, semoga jalinan ukhuwah ini langgeng hingga sampai di surga Allah swt nantinya, amin.

2 komentar:

andi jufry mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
saya sudah follow., mnta follback nya yah., :D
Terima Kasih.

seoskul mengatakan...

Assalamualaikum, blognya mas sudah saya follow, saya tunggu follow baliknya ya mas ^_^

Posting Komentar

 
;