Senin, 27 Februari 2012

Takengon: Dari Ikan Depik ke Perkebunan Apel

Apel Takengon










Assalamu'alaikum teman, alhamdulillah setelah masa liburan 3 hari (21-23 Januari 2012) di kota Takengon, perjalanan kali ini menghasilkan pengalaman yang begitu mengesankan. Tentunya teman-teman masih ingat dengan perjalananku yang lalu di Takengon: Kota Mangkuk di Aceh Tengah . Nah perjalanan kali ini kami --Aku, M. Fikri Fadli, Ainul Fadlan, Bang Oki Satria, Bang Andi, dan Nanda-- mengunjungi perkebunan apel di kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah.
Kami bersama Pak Siswanto
Pak Siswanto, pria kelahiran kota Batu, Malang ini  memiliki perkebunan apel seluas 2,5 hectare. Pak Sis, begitu beliau akrab disapa, menerangkan kepada kami bagaimana jerih payah beliau untuk meyakinkan penduduk lokal bahwa tanah Aceh Tengah yang bersuhu dingin dapat ditumbuhi apel. Pengalaman pembenihan apel ini telah didapat Pak Sis sejak kecil, dimana orang tua beliau bermata pencarian sebagai petani apel di kota Batu, Malang, Jawa Timur.
Pak Siswanto beserta istri
Usaha pembenihan apel ini dimulai sejak beliau pindah dari Batu ke Aceh Tengah, 8 tahun silam. Pembenihan apel dilakukan Pak Sis dengan cara menyambung 2 tanaman apel: bagian akar dari tanaman apel lokal dan bagian atas tanaman apel dari kota Batu. Beliau mengatakan bahwa hasil dari tanaman apel tersebut cukup memuaskan, hingga saat ini  Pak Sis telah memanen kebun apelnya sebanyak 12 kali dengan hasil panen rerata per pohon hingga 70 kg. Saat ini beliau telah bekerjasama dengan pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Tengah khususnya untuk mengembangkan perkebunan ini. Beliau juga mengajak masyarakat lokal untuk membudidayakan tanaman apel terutama di wilayah dengan topografi mirip dengan wilayah Aceh Tengah.
Kelezatan tiada tara
Nah, masalah rasa, apel ini tidak kalah dengan rasa apel impor. Apel ini memiliki rasa renyah bagai keju yang khas (nyammi..) yang akan membuat saliva anda meluncur deras ketika membayangkannya :). Akhir perjalanan ini kami diundang oleh Pak Sis untuk mengikuti panen apel ke-13 pada medio Maret 2012. Semoga pada saat itu Allah swt meridhoi kami untuk mengikutinya, amin.

1 komentar:

THL TBPP BIREUEN mengatakan...

kami malah kesasar untuk cari kebun apel di takengon

Posting Komentar

 
;