Sabtu, 16 Februari 2013

MTQ Mahasiswa Universitas Malikussaleh 2012


 Ki-ka atas: Agus, Rizki, Mayang, Dizi, Chaira, Hedya
Ki-ka bawah: Rahmad, Eko, Fikri, Fadlan

Pada hari Selasa-Rabu, 27-28 November 2012 diselenggarakan perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat mahasiswa Universitas Malikussaleh ke III di kampus Bukit Indah, Blang Panyang, Lhokseumawe. 

Perhelatan MTQM ini pertama kali dilakukan pada tahun 2008 dengan memperebutkan piala rektor Universitas Malikussaleh. Piala rektor ini diperebutkan oleh 4 Fakultas, yaitu; FT, FE, FISIP, dan FP serta Prodi Pendidikan Dokter di lingkungan Universitas Malikussaleh. Ada pun Fakultas Teknik berhasil meraih juara umum pada dua perhelatan terakhir MTQM ini.

MTQM III Unimal ini melombakan beberapa cabang, seperti Tilawatil qur’an; Tartilil qur’an; Qira’at saba’ah; Hifzil qur’an 1 dan 2 juz; Fahmil qur’an; Syarhil qur’an; Khattil qur’an; Debat ilmiah kandungan Al-qur’an dalam bahasa Inggris dan Arab; serta Karya tulis ilmiah Al-qur’an.
Kafilah dari sejumlah Fakultas dan Prodi Pendidikan Dokter bersaing memperebutkan tempat terbaik. Ada pun kafilah dari Prodi Pendidikan Dokter Unimal mengikuti 7 cabang perlombaan yang terdiri dari:

1.       Tartilil qur’an oleh Rizki Ichwan ‘12
2.       Hifzil qur’an 1 juz oleh Hedya Nadhrati Surura ’12 dan Zafira Ainillah ‘12
3.       Fahmil qur’an oleh Agustiawan ’12, Rahmat Saleh ’12, dan Mayang Sari ‘12
4.       Syarhil qur’an oleh Abdi Kumala ’11, T. Fadli Nazwan Sani ’11, dan Lailatul Azizah ‘11
5.       Debat ilmiah kandungan Al-Qur’an dalam bahasa Inggris oleh M. Fikri Fadli ’10, Eko Alperio Almi ’10, Chaira Khuntum ’10, dan Dizi Bellari Putri ‘10

Setelah dilakukan perlombaan, maka ditetapkanlah juara 1, 2, dan 3 pada setiap cabang. Fakultas Teknik berhasil meraih juara umum dan mendapatkan piala rektor Universitas Malikussaleh. Kafilah Prodi Pendidikan Dokter Unimal juga berhasil menorehkan prestasi yaitu juara 1 pada cabang Fahmil qur’an serta juara 1 dan 2 pada cabang debat ilmiah kandungan Al-qur’an dalam bahasa Inggris.

Hal itu merupakan langkah yang baik, mengingat Prodi Pendidikan Dokter Unimal baru  berusia 5 tahun.  Semoga pada MTQM IV Unimal nantinya kafilah Prodi Pendidikan Dokter Unimal meraih tempat terbaik disemua cabang dan meraih juara umum. Semua itu dapat tercapai tentunya dengan niat yg tulus, berusaha gigih, dan meminta pertolongan kepada Allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;